Puncak Perayaan HUT Ke-22 DWP Tingkat Kota Kupang

Berita-Cendana.com- Kupang,- Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Kupang menggelar rangkaian puncak HUT ke-22 DWP dengan tema Membangun Ketahanan Perempuan Indonesia Melalui Kesehatan Mental dan Pemulihan Bisnis UMKM.


Dalam sambutan Ketua Umum DWP Ny. Erni Tjahjo Kumolo, yang disampaikan oleh Ketua DWP Kota Kupang, Ny. Lousje Marlinda Funay – Pellokila, S.TP., bahwa saat ini merupakan momentum untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi perempuan di Aula Rumah jabatan Sekda Kota Kupang, Sabtu (11/12/2021). 


"Tema HUT DWP ke-22 ini juga untuk memastikan bahwa program-program kerja DWP saat ini dan kedepannya, senantiasa berorientasi untuk mewujudkan kesejahteraan anggota keluarga dan masyarakat melalui pendidikan ekonomi dan sosial budaya". 

 

Tujuan tema  mengenai ketahanan perempuan Indonesia ini juga untuk meningkatkan kemampuan ekonomi para pelaku usaha UMKM khususnya ibu-ibu DWP dalam mempertahankan usaha di masa Pandemi COVID-19. Di tengah Pandemi COVID-19 yang telah melanda dunia termasuk di Indonesia dua tahun ini, tidak hanya berdampak pada lini kesehatan juga dampak ekonomi. Maka melalui HUT DWP ini, mengajak khususnya ibu DWP untuk tetap bangkit dengan menjaga kesehatan mental dan bangkitkan bisnis UMKM. 

 

Selanjutnya Sekda Kota Kupang dalam sambutannya mengatakan peristiwa ini merupakan momen penting bagi DWP, sebagai suatu institusi yang mewadahi istri-istri dari PNS di lingkungan instansi pemerintah dalam keikutsertaannya mewujudkan visi dan misi pembangunan "Terwujudnya Kota Kupang Yang Layak Huni, Cerdas, Mandiri dan Sejahtera Dengan Tata Kelola Bebas KKN", khususnya dalam melakukan pembinaan terhadap istri-istri PNS pada berbagai bidang kehidupan seperti pendidikan, ekonomi, sosial dan budaya, katanya.

 

Dalam tugasnya mendukung peran suami dalam menjalankan tugas sebagai PNS, Dharma Wanita dituntut untuk mampu berkolaborasi dan berinovasi menciptakan peluang dan kesempatan agar menjadi organisasi yang berdaya guna serta berhasil guna di tengah masyarakat dalam mendukung program-program pemerintah. 

 

"Saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih karena di tengah keterbatasan, Dharma Wanita mampu menciptakan perayaan ulang tahun dalam suasana berbeda dengan berbagai kegiatan serta perlombaan untuk memacu semangat para anggota dan ASN di Kota Kupang. Semoga dengan inovasi oleh para anggota dapat mendukung semangat kerja suami di lingkungan pemerintah di tengah masa pandemi covid 19 saat ini," ungkap Sekda. 

 

Tak lupa Sekda berpesan agar DWP Kota Kupang dapat berkolaborasi dengan TP PKK Kota Kupang untuk membantu upaya pengurangan angka gizi buruk di Kota Kupang. Selain itu DWP Kota Kupang juga diminta perhatian terhadap upaya pencegahan penyebaran penyakit dengan mengajak seluruh anggota keluarga dan masyarakat di lingkungannya untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). 

 

Sesuai laporan yang disampaikan oleh Ketua Panitia HUT ke-22 DWP tingkat Kota Kupang, Ny. Anika Sain Bisinglasi, bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mempererat hubungan antar anggota DWP dan meningkatkan kemampuan dan pengetahuan, menjalin hubungan kerja sama dengan berbagai pihak serta meningkatkan kepedulian sosial. 

 

Adapun kegiatan yang telah dilaksanakan antara lain ; pembukaan, bazar makanan, bazar emas dan pencanangan penanaman tanaman lidah mertua pada 12 November 2021, Lomba Solo antar unsur pelaksana pada 19 November 2021, penanaman lidah mertua di depan RS Advent Naikoten 1 dan Hyperstore Kampung Baru pada 1 Desember 2021, berbagi kasih dengan Panti Asuhan At Tin Namosain, Panti Asuhan Kristen GMIT 221 Oeba, Panti Asuhan Alma dan Lapas Anak Klas II Penfui pada 3 Desember 2021 serta berbagi kasih dengan ODGJ dan Orang Tidak Mampu dan Pemulung pada TPA Alak pada 4 Desember 2021. 

 

Puncak acara ditandai dengan pemotongan Kue Ulang Tahun oleh Ketua DWP Kota Kupang, penyerahan hadiah lomba serta persembahan lagu oleh anggota DWP Kota Kupang. Turut hadir para Staf Ahli Walikota Kupang, Para Asisten Sekda Kota Kupang, Pimpinan Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kota Kupang, Para Camat se-Kota Kupang, Ketua DWP Kabupaten Kupang, Ny. Ruthchek Laha Dethan, perwakilan DWP Provinsi NTT serta para unsur pelaksana DWP Kota Kupang.(*).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot