Rutan Kelas IIB Soe Layani dengan Humanis

Berita-Cendana.com- Soe,- Rumah Tahanan Negara (RUTAN) Kelas IIB Soe melayani dengan Humanis dan penuh hati. Humanis adalah orang yang mendambakan dan memperjuangkan terwujudnya pergaulan hidup yang lebih baik, berdasarkan asas perikemanusiaan; pengabdi kepentingan sesama umat manusia terkhusus Narapidana di Kabupaten TTS ini.


Demikian disampaikan oleh Kepala Rutan Kelas IIB Soe, Nixon G. L Osingmahi, S.Sos., M.Hum di ruang kerjanya pada hari Kamis, 20/01/2022, saat ditemui oleh tim media ini di ruang kerjanya.


"Seorang humanis juga merupakan seseorang yang percaya bahwa cara terbaik untuk memahami realitas di sekitar kita adalah melalui pengetahuan yang diperoleh dari pengalaman dan akal. Bagi beberapa humanis, ini hanyalah kebenaran yang harus kita akui untuk mendapatkan pemahaman yang berarti tentang bagaimana dunia di sekitar kita bekerja. Kita harus memiliki tempat di mana kita bekerja. Dimana kita berpijak disitu langit dijunjung, oleh sebab itu kita harus memberikan pelayanan yang ramah dan etis di Rutan Soe," beber Alumnus Hukum Undana itu.


Humanisme berarti membangun masyarakat yang lebih manusiawi melalui etika yang didasarkan pada nilai-nilai kemanusiaan dan alam lainnya dalam semangat nalar dan penyelidikan bebas melalui kemampuan manusia. Oleh karena itu, dinamika perkembangan pelayanan dalam Rutan Soe para Napi yang masuk pada Rutan ini rata-rata pendidikan Penghuni dalam Rutan Kelas IIB Soe dengan latarbelakang Pendidikan sangat terbatas mulai dari tidak sekolah, putus sekolah, SD, SMP, SMA sehingga harus membutuhkan waktu untuk pembinaan karakter mereka. Disisi lain Rutan Soe juga sudah bangun kerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Timor Tengah Selatan untuk membuka kegiatan PKBM, kejar Paket A,B dan C, jelas Kepala Rutan Soe. Sehingga perlu penyesuaian dalam pembinaan. Pembinaan seperti mental dan harus pembinaan dalam pendidikan karakter agar memiliki budi pekerti yang baik, ketika selesai dari sini, ungkapnya.


Pantauan tim media di halaman Rutan Soe akhir-akhir ini sudah bersih, asri dan ramah. Sudah ada papan yang tertulis bahwa "baik tidak baik Rutan Soe lebih baik,". Terbukti juga kalau sudah ada pembangunan sejumlah kamar mandi di depan dan di setiap sudut pos jaga, itu menunjukan bahwa tempat kerja menjadi rumah sendiri, kata Nixon. 


Lanjut Nixon bahwa pelayanan terhadap masyarakat itu diutamakan dengan senyum dan ramah agar pandangan umum selama ini yang katanya Rutan Soe itu keramat harus dihapus dari pandangan masyarakat umum. Rutan Ini (Rutan Kelas II Soe Red)," Kita harus layani dengan hati, karena disini tempat pembinaan manusia sehingga selesai dari sini bisa berubah menjadi manusia yang berguna bagi kehidupannya, tegasnya. (YT/ST).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot