Walikota Terima Kunjungan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Bahas Pembangunan Pabrik Es

 

Berita-Cendana.com- Kupang,- Walikota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM, MH., menerima kunjungan Direktur Logistik pada Direktorat Logistik Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP RI), Ir. Berni A. Subki, Dipl.Oc. 


Kunjungan tersebut bertempat di Ruang kerja Walikota Kupang, pada hari Selasa (15/02/2022). Dalam kunjungan ini dibahas tentang rencana pembangunan pabrik es batu di Pantai NBS Kota Kupang.


Direktur Logistik KKP RI mengatakan akan berpartisipasi dalam rencana pembangunan ini. “Memang kami sejak tahun 2020 menerima usulan dari Pemerintah Kota Kupang terkait dengan pembangunan pabrik es. Namun pada tahun 2021 terjadi refocusing anggaran akibat pandemi Covid-19 sehingga anggaran beberapa bantuan untuk daerah dan program prioritas pemerintah dipangkas. Tetapi kami sudah komitmen agar program ini dapat segera dilaksanakan pada tahun ini,” jelas Ir. Berni. 


Dikatakannya bahwa saat ini proses tender dan pemilihan calon pelaksana program sudah selesai dan kontraknya sudah dibuat bahkan sudah ada surat penunjukkan untuk dimulai pengerjaan per tanggal 12 Februari 2022, hingga 150 hari kalender kedepan. “Kami sudah berkoordinasi dengan kontraktor, pengawas dan perencana agar betul-betul berkontribusi dalam pembangunan ini.” kata Berni. 


Berni Subki menambahkan bahwa pabrik es diperkirakan memiliki kapasitas produksi sebanyak 15 ton dengan tempat penyimpanan es sebesar 20 ton. Calon pengelola pabrik ini akan dilatih manajemen teknisnya. Selanjutnya, jika KKP RI dibutuhkan untuk perencanaan bisnis dan sebagainya, akan dilakukan via daring. 


Wali Kota Kupang, Dr. Jefri Riwu Kore, MM, MH., menyampaikan terimakasih atas bantuan KKP RI yang berupa pembangunan pabrik es yang merupakan salah satu program prioritas yang berhasil diperjuangkan Wali Kota. Tak lupa pria yang akrab disapa Jeriko itu mengungkapkan terima kasih atas bantuan KKP RI yang telah menyerahkan 1.000 paket bantuan operasional melaut untuk nelayan di Kota Kupang pasca bencana badai siklon tropis seroja tahun lalu. Menurutnya, badai siklon tropis seroja tahun lalu menyebabkan hampir 400 kapal besar dan kecil hancur, saat ini pemerintah telah membantu menyediakan 100 kapal kecil untuk nelayan. 


Hadir bersama Direktur Logistik, Korkel Pengadaan dan Penyimpanan pada Direktorat Logistik KKP RI Harli, dan Staf PPK pada Direktorat Logistik KKP RI, Ahmad Zuhdi, serta Sekretaris Pribadi Direktur Logistik, Andi R. Pratama. Sedangkan dari jajaran Pemkot Kupang, hadir Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda, Ignasius Repelita Lega, S.H., Kadis Kelautan dan Perikanan, Ejbends H. D. S. Doeka, S.Sos, M.Si., Kalak BPBD, Ernest S. Ludji, S.STP, M.Si., Kabag Hukum Setda, Pauto W. Neno, S.H., Kabag Tata Pemerintahan Setda, Hengky C. Malelak, S.STP, M.Si., Sekretaris Dinas Perikanan, Anika T. Leny Bella, S.E., Kabid Perikanan Tangkap Dinas Perikanan, Robby Y. Adam, S.ST.Pi, M.Si.(*).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot