KEMKOMINFO RI Melalui Program 1000 Startup Digital Lakukan Roadshow di NTT


Berita-Cendana.Com- Kupang, – Kementerian KOMINFO RI melalui Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Kupang,Trinity Academia, Dinas Komunikasi dan Informatika (KomInfo) Kota Kupang, serta Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, melakukan roadshow di NTT yang berfokus pada peningkatan inovasi digital untuk membangun startup, guna mendorong lahirnya founders startup baru di Nusa Tenggara Timur ( NTT).


Demikian acara tersebut dilaksanakan di Aula Santo Paulus, Universitas Katolik Widya Mandira. Jl. San Juan, Penfui Tim., Kecamatan Kupang Tengah, Kab, Kupang, NTT, Jumat ( 29 /07/22).


Roadshow ini dilakukan secara Hybrid yakni luring dan daring melalui zoom meeting dengan jumlah partisipasi kurang lebih 300 yang terdiri dari mahasiswa, kalangan akademisi, perwakilan pemerintah dan praktisi startup lokal.


Direktur Pemberdayaan Informatika Kementerian KOMINFO RI, Dr. Bonifasius Pudjianto, dalam sambutannya berharap agar acara Roadshow Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital ini dapat mencetak para founders baru yang nantinya dapat menjadi technopreneur dalam memberikan solusi dan usaha bisnis di masyarakat serta dapat bersaing dengan daerah lainnya dalam menciptakan bisnis digital.


“Dalam pelaksanaannya (membangun startup, red) perlu untuk mengembangkan inovasi yang lahir dari

permasalahan yang ada di lingkungan sekitar kita. Apabila dapat kita kelola dan

kembangkan, maka akan dapat memberikan dampak yang besar bukan hanya bagi daerah tapi juga Indonesia bahkan sampai ranah Internasional,” ujarnya.


Ia juga menjelaskan bahwa, untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan kolaborasi yang baik dari seluruh ekosistem pentahelix yang ada

di daerah, didalamnya termasuk pemerintah, industri kreatif dan akademisi untuk bergotong royong dalam memfasilitasi inovasi dari rekan-rekan perintis Startup masa depan di NTT.


Sementara itu, Pater Dr. Philipus Tule, SVD selaku Rektor Universitas Widya Mandira menyampaikan, banyak hal yang dapat dilakukan oleh mahasiswa setelah mengikuti kegiatan roadshow kali ini, yakni mahasiswa dapat menjadi orang yang terampil yang bukan saja menjadi generasi pencari kerja tapi generasi muda yang menciptakan kerja untuk diri sendiri dan masyarakat.


Pater Philipus juga menyampaikan dukungan penuhnya terhadap Gerakan Nasional 1000 Startup Digital yang dapat membantu para mahasiswa atau masyarakat umum agar dapat menciptakan startup digital sendiri.


Selanjutnya Walikota Kupang, Dr. Jefirstson Riwu Kore S.E., M.M. menyampaikan betapa pentingnya digitalisasi di lingkungan masyarakat, khususnya di kota kupang.


Sosok Walikota yang dikenal dengan nama Jeriko ini menyebutkan bahwa, sejak awal pemerintah Kota Kupang sudah mendukung para pemuda untuk membentuk atau membangun Startup. Selain itu, lanjutnya, Pemerintah Kota Kupang berharap digitalisasi di kota Kupang dapat berkembang dengan baik kedepannya.


Salah satu mentor 1000 Startup Digital, Mario Agustian Lasut yang merupakan CMO Finansialku.com (Startup yang bergerak pada pengelolaan keuangan) membagikan cerita bagaimana ia bisa membangun sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan keuangan. Terlepas dari perkembangan startup yang dirintis, Mario menjelaskan bahwa sebagai perintis kita harus menggali lebih dalam lagi ide yang dibangun, sehingga bisa memberikan poin pembeda pada perusahaan yang dibangun.


Sesi roadshow dilanjutkan dengan sesi diskusi panel yang dimoderatori oleh Regional Program & Partnership Manager, Peniel Sibero dengan Narasumber diskusi yaitu Wildrian Ronald Otta S.Stp., M.M. (Kepala Dinas KOMINFO Kota Kupang), Mario Agustian Lasut (CMO Finansialku.com), Ir. Alexander Ludi, MBA (CMO Frogs Indonesia), Edwin Ariesto Umbu Malahina (Founder Dinego.id) dan Pater Dr Philipus Tule, SVD (Rektor Universitas Katolik Widya Mandira).(BCC).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot