AHY Beri 5 Pesan Kepada Kader Demokrat Yang Menjadi Kepala Daerah Lonjakan Covid-19

Berita-Cendana.com- Jakarta,- Peningkatan kasus Covid-19 di beberapa daerah, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melaksanakan Teleconference dengan para Kepala Daerah Kader Partai Demokrat, salah satunya di wilayah Jawa Timur, pada Rabu (23/06/2021).


“Saya mendengarkan laporan langsung para kepala daerah, yang hampir semua daerah di Jatim mengalami peningkatan kasus, status semua daerah oranye, kecuali Bangkalan yang masih merah, terutama bersumber dari pendatang dan kegiatan keramaian seperti hajatan,” kata AHY. “Madiun, misalnya, yang selama tujuh bulan pertama sempat terendah kasusnya, mengalami lonjakan kasus karena orang berbondong-bondong datang ke Madiun. Peningkatan kasus terjadi dalam skala yang berbeda-beda,” lanjutnya. 


Para kepala daerah pun menyampaikan bahwa strategi yang dilakukan untuk menanggulanginya adalah memperkuat fasilitas kesehatan, memperkuat pelaksanaan PPKM Mikro, terus jalankan vaksinasi, serta berharap agar transparansi dan akurasi data lapangan di daerah tetap dijaga.


Ketum AHY menekankan, tidak ada yang lebih bernilai daripada nyawa. Untuk itu, ia meminta para kader utama yang juga kepala daerah ini melakukan lima hal. Pertama, jalankan kepemimpinan efektif dalam menangani krisis covid-19. Kedua, jalankan manajemen sumber daya yang tepat sasaran (alokasi yang proporsional terkait menyelamatkan jiwa dan kesehatan masyarakat; menyiapkan jaring pengaman sosial pada masyarakat miskin dan tidak mampu; dan memulihkan ekonomi daerah). 


Ketiga, hadirkan pemerintahan dan birokrasi yang responsif dan melayani, terutama menjalankan kebijakan 3T dan vaksinasi secara masif. Keempat, bangun sinergi dan kolaborasi antara pusat dan daerah, juga antar daerah karena pandemi ini bersifat lintas batas (borderless) dan diskriminatif. 


Kelima, bangun sinergi dan kolaborasi antara jajaran eksekutif dan legislatif, juga dengan Forkopimda dan satgas Covid-19 di daerah masing-masing, terutama dalam menerapkan protokol kesehatan 5M (menjaga jarak, menggunakan masker, mencuci tangan, mencegah kerumunan, mengurangi mobilitas). 


“Mari terus jaga protokol kesehatan. Stay safe everyone,” seru Ketum AHY.


Teleconference dihadiri oleh Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, Wakil Bupati Trenggalek Syah M. Natanegara, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, Wakil Bupati Mojokerto Muhammad Albaraa, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, Wakil Bupati Lamongan Kiai Abdul Rouf, Wakil Bupati Tuban Riyadi, Wali Kota Malang H. Sutiaji, Bupati Madiun Ahmad Dawami, Bupati Magetan Pak Suprawoto, dan Wali Kota Madiun Maidi. 


Sementara Ketum AHY didampingi oleh Sekretaris Jenderal Teuku Riefky Harsya, Wakil Sekjen Agust Jovan Latuconsina, Kepala Badan Komunikasi Strategis/Koordinator Juru Bicara Herzaky Mahendra Putra, dan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan DPP Partai Demokrat Tomi Satryatomo. (***).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot