Pegawai Disdukcapil Malaka Tak Patuh Prokes

Berita-Cendana.com-Malaka,- Pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  Kabupaten Malaka dinilai tidak patuh terhadap protokol kesehatan, karena pegawai di dinas itu tidak menggunakan masker, nyatanya Dinas ini berinteraksi langsung dengan seluruh masyarakat dalam pengurusan dokumen Kependudukan yang seharusnya tertib menjaga prokes.


Demikian pantauan tim media di Kantor Dinas tersebut pada hari Jumat, 11/06/2021. Dinas ini sungguh benar abaikan protokol kesehatan covid-19.


Kronologisnya, Pegawai Disdukcapil Kabupaten Malaka pada hari Kamis, 10 Juni 2021, menegur salah satu warga asal Kabupaten Malaka yang sementara mengurus dokumen di Disdukcapil Kabupaten Malaka, ditegur karena tidak menggunakan masker, akan hal itu masyarakat tersebut langsung mengindahkan teguran itu dengan secepatnya mengambil masker dan memakai.


Manek Tae warga masyarakat Malaka yang mengurus KTP bersamaan dengan masyarakat lainnya yang ditegur oleh pegawai Dinas itu, Ia tidak puas dan menegur balik pegawai tersebut karena pegawai yang melakukan peneguran kepada masyarakat agar menggunakan masker, tetapi malah dirinya tidak memakai masker. Jelasnya.


"Pegawai Disdukcapil Kabupaten Malaka memang benar-benar abaikan protokol Covid-19, Ibu itu menyuruh orang untuk pakai masker, tapi dia sendiri tidak pakai, ini aturannya dimana." Jelas Manek


Manek Tae menerangkan bahwa, pada saat itu ia melihat seorang pemuda sedang disuruh pulang oleh pegawai Disdukcapil untuk kembali mengenakan masker, karena pemuda itu tidak memakai masker pada saat mau mengurus dokumen. Terangnya.


"Saya lihat itu ibu ada suruh pulang kakak itu untuk pakai masker baru bisa masuk ke dalam, itu benar, tapi yang tidak puas adalah dia suru orang pakai masker tapi ibu itu sendiri tidak pakai masker" jelasnya.


Pada saat itu Manek Tae memberikan contoh bahwa Presiden saja sudah divaksin tapi masih tetap taat pada protokol Covid-19, dengan tetap memakai masker, dan aturan itu sudah jelas untuk semua orang. Tetapi hal ini berbeda dengan pegawai Disdukcapil Kabupaten Malaka yang pada saat di tegur balik malah membantah dan katakan mereka sudah di vaksin jadi bebas. 


" Alasan mereka itu bahwa mereka sudah di vaksin jadi mereka bebas untuk tidak memakai masker di dalam ruangan kantor pelayanan, apakah aturannya begitu, jadi semua orang yang sudah divaksin bisa bebas tidak pakai masker" pungkas Manek. 


Dalam video terlihat jelas bahwa pegawai Disdukcapil Kabupaten Malaka abaikan protokol kesehatan atau tidak memakai masker. Ketika ditegur balik malah membantah dan katakan hal ini. 


"Kamu ada hak apa urusan dengan saya, kau Ijin ee, mau sok jagoan di sini, kami tidak ada urusan dengan kamu kalau pakai masker, kami tidak tahu kamu vaksin atau tidak, kami sudah divaksin. kamu diam kamu urusan apa supaya kami layani lu, tidak ada urusan masker di sini, kami tidak ada waktu urus pak omong masker, kalau mau datang urus kependudukan sini kami layani, tidak usah datang urus kamu punya masker kamu ribut mau kenapa pak sebagai apa, pak punya tugas kaa.. urus orang pakai masker disini" beber pegawai itu dalam video yang diterima media.


Kepala Dinas (Kadis) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Malaka, Fredinandus Rame, S.Ip., M.Si ketika dikonfirmasi media menyampaikan bahwa sudah ada aturan jelas dan setiap hari sebelum pelayanan Dokumen Kependudukan kepada masyarakat oleh ASN/Teda, dan terdapat dua hal yang harus diperhatikan dan apabila terdapat tenaga kontrak daerah (Teda) tidak memakai masker maka hal itu melawan Kadis Disdukcapil Kabupaten Malaka. 


"Ya.. TEDA yang  melawan Kadis dengan tidak pakai Masker. Padahal setiap hari sebelum Pelayanan Dokumen Kependudukan kepada Masyarakat oleh ASN/TEDA Dinas Dukcapil Kabupaten Malaka diumumkan lebih dahulu oleh Kadis. Atau Salah Satu Pejabat di Dinas Dukcapil Kabupaten Malaka minimal tentang 2 (Dua) hal yaitu:1. Duduk Jarak. Duduk Jarak ini terlihat pada kursi-kursi yang diatur di bawah Tenda. 2. Wajib Pakai Masker. Dan kalau sampai ada Staf Dinas Disdukcapil, baik ASN maupun TEDA yang Tidak Pakai Masker itu artinya". Melawan Pimpinan." Ungkap Ferdinandus.(***).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot