Sosialisasi Program KB dan Penurunan Stunting di UNIMOR

Berita-cendana.com- Kefamenanu- Sosialisasi Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga berencana (Bangga Kencana) bertempat di Aula Student Center Universitas Negeri Timor, pada  Jumat (29/10/21).


Dukungan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena terkait penurunan angka stunting sebagai upaya penguatan program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana (Bangga Kencana).


Diterima  Rilisan dari Tim MLL melalui WhatsApp pada hari Sabtu (30/10/21) sekitar pukul 18 wita, Emanuel Melkiades Laka Lena

menyatakan bahwa fokus utama yakni pada pengelolaan bonus demografi karena Indonesia sedang dan akan menghadapi bonus demografi selama 2020-2030 usia produktif, usia non produktif, kondisi ini bagus untuk pengembangan SDM Indonesia, dan kunci mewujudkan keberhasilan program bangga kencana adalah BKKBN.


"Kondisi gagal tumbuh pada anak balita (bayi dibawah lima tahun) akibat kekurangan gizi kronis  sehingga anak terlalu pendek untuk usianya, jelas MLL".


Kekurangan gizi terjadi sejak bayi dalam kandungan pada masa awal setelah bayi lahir akan tetapi, kondisi stunting baru nampak setelah bayi berusia 2 tahun, ucapnya.


Tambahnya, dampak Covid-19 bagi pencegahan stunting, dan secara  umum Pandemic Covid-19  berdampak pada:


1. Pembatasan aktivitas publik. Sehingga berpengaruh pada pelayanan posyandu, khususnya pelayanan kesehatan  gizi anak.

2. Kenaikan harga komoditas. Ini akan berdampak pada kemampuan beli membeli sumber makanan bergizi. 

3. Kehilangan pekerjaan dan pendapatan.

4. Realokasi dan pemotongan anggaran.


Dukungan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI terhadap penurunan angka stunting dengan mendorong pembangunan RS Pratama di NTT, Papua, dan Maluku, dan mengunjungi ke RS  Umum Kota Kupang pada 14 Oktober lalu, ungkap MLL.


Selain itu mereka memberikan bantuan sembako penduduk usia lanjut, dan makanan tambahan bagi ibu dan anak. Oleh karena itu dukungan dari masyarakat, khususnya kaum milenial sangat penting untuk menurunkan stunting, bebernya.


Kegiatan sosialisasi tersebut diselenggarakan oleh pihak BKKBN yang bekerja sama dengan Komisi IX DPR RI. Dalam kegiatan sosialisasi tersebut hadir juga  Rektor Unimor, dan Wakil ketua komisi IX Emanuel Melkiades Laka Lena sekaligus sebagai Narasumber dalam memberikan materi.  Peserta sosialisasi terdiri dari  mahasiswa dan para kader yang berjumlah 210 orang, tutupnya.(***).

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama

Subscribe Us

Responsive Ad Slot