Dokter Eny Manurung: Lansia Lebih Rentan Terpapar Covid-19



Berita-Cendana.com - Asahan,- orang yang lanjut usia atau Lansia (60 tahun ke atas) diyakini lebih rentan terpapar Covid-19. Dikutip data dari laman resmi covid-19 pemerintah, jumlah kasus positif pada Lansia yang berusia 60 tahun ke atas adalah sebanyak 15,2 persen.

Hal ini disampaikan oleh Dr. Eny Muhartiyanti Sabtu, 30/05/2020. Sembari Eny memiliki kerinduan untuk ingin memberi pelayanan kesehatan terjangkau terutama para Lansia dan untuk masyarakat Kabupaten Asahan.

Lanjutnya, kenapa Lansia lebih rentan karena seiring dengan bertambahnya usia maka proses penuaan akan dialami semua orang, hal ini akan mengakibatkan penurunan kesehatan tubuh, mulai dari produksi hormon, kepadatan tulang, fungsi gigi dan juga fungsi organ-organ tubuh tidak berfungsi dengan baik maka gampang terpapar covid-19.  Jelas Eny.

Menurut dr. Eny imunitas tubuh pada Lansia juga tidak bekerja secara baik pada masa produktif. Hal ini yang menyebabkan Lansia lebih rentan terinfeksi covid-19 ataupun penyakit infeksi lainnya.

“Selain itu, tidak sedikit Lansia memiliki penyakit kronis seperti peyakit Hipertensi, Jantung, Diabetes, PPOK dan Kanker. Hal ini bisa meningkatkan resiko bahaya infeksi Virus Corona,” ujarnya.

Oleh karena itu, beberapa hal yang dapat dilakukan untuk pencegahan penularan virus corona antara lain, jaga kebersihan tangan, jangan menyentuh daerah wajah, terapkan etika batuk dan bersin, gunakan masker, jaga jarak, isolasi mandiri dan jaga kesehatan.

Kemudian, mengkonsumsi obat secara rutin untuk penyakit yang sedang diderita serta kontrol secara rutin ke fasilitas kesehatan.

Lanjut doktet Eny,  kita harus menjaga kesehatan disini dan memastikan kesehatan fisik tetap terjaga. Misalnya dengan rutin berjemur dibawah sinar matahari pagi selama 15 menit, mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, melakukan olahraga ringan dan istirahat yang cukup.

“Keadaan Imun yang melemah pada Lansia mengakibatkan rentannya tertular covid-19. Oleh karena itu, perlu dilakukan perawatan ketat terhadap lansia dengan memaksimalkan perawatan dirumah serta kepedulian keluarga untuk tetap menjaga kesehatan Lansia,” saran dokter juga aktif memberikan edukasi promosi kesehatan melalui Instagram @dr.enymuhartiyanti dan akun Facebook nya dalam mendukung pencegahan penyakit kronis secara lintas sektor dan menyeluruh. Jelasnya.

Editor: Yulius Tamonob.

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama

Subscribe Us

Responsive Ad Slot